Jumat, 22 Januari 2010

Khasiat/manfaat/kegunaan Buah naga menurut medis/penelitian (bag 1)

"Tak kenal maka tak sayang",Jika anda tidak tahu manfaat/khasiat dan kegunaan tanaman dari jeni kaktus ini,anda tidak akan sayang,apalagi untuk mencoba membudidayakan buah naga ini.Oke..lah kalo begitu kita simak sejenak manfaat/khasiat/kegunaan buah naga bagi kesehatan,berdasarkan medis dan penelitian.

Kaktus/buah naga walaupun lebih populer sebagai tanaman hias,tetapi kaktus/buah naga juga mempunyai manfaat se-bagai tanaman obat, bahkan po-tensinya sebagai tanaman obatcukup besar. Hal ini perlu digalilebih jauh lagi tentang manfaatnya sebagai bahan obat alami.Sejak abad ke 19, tanaman kaktus/buah nagatelah dipelajari para ilmuwan karena mempunyai kandungan bahan aktif alkaloid, berupa ß-phenylethylaminedan tetraisoquinoline. Sampai saat ini lebih dari60 senyawa dalam tanaman kaktus/buah naga yang sudah diisolasi antaralain adalah anhalonine, hordenine,mescaline, N-acetylmescaline, pellontine, tyramine.Senyawa hordenine dan tyramine mempunyai khasiat sebagai anti mikroba yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit seperti arthritis, influen-za, infeksi, diabetes, sakit telinga,sakit mata, rematik, gigitan binatang berbisa dan sebagainya. Beberapa jenis kaktus/buah naga yang lain dikenal sebagai tanaman obat adalah dari jenis prickly pearcactusyang terdiri dari beberapa spesies

seperti Opuntia dillenii, Opuntia engelinanii,Opuntiaficus indica,Opuntia playachatha, dan Opuntia santa-rita. Jenis kaktus/buah naga yang dikenal saat ini adalah buah naga(dragon fruit) yang termasuk dalam genus Helocereus dan Seleniereus. Tananam ini mempunyai

khasiat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta untuk mencegah kanker usus, penguat sukulen, dikotiledon dan perennialtermasuk familiCactaceae dengan 3 jenis sub famili yaitu Pereskioideae,Opuntioideae dan Cactoideae serta fungsi ginjal dan tulang, pelindung kesehatan mulut,pencegahan dendaranhan dan gejalan keputihan,penguat,daya kerja otak dan meningkatkan ketajaman mata.

Nah,biar lebih penasaran mengenai apa saja sich manfaat buah naga,selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui manfaat/khasiat/kegunaan dari buah naga ini,pada postingan selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar