Minggu, 24 Januari 2010

hasiat/manfaat/kegunaan menurut medis/penelitian buah naga ( bag 2)


Setelah menjelaskan mengenai Khasiat/manfaat/kegunaan buah naga (kaktus) bag 1,sekarang saatnya meneruskan penjelasan mengenai Khasiat/manfaat/kegunaan buah naga.

Tanaman kaktus/buah naga telah lama dipelajari oleh para ilmuwan karena mempunyai kandungan alkaloid, seperti pada jenis Lophophora williams ii Lem.yang banyak mengandung mescalin. Saatini telah ditemukan lebih dari 60senyawa dalam spesies Peyote cactusini.Itulah sebabnya kaktus/buah naga ini disebut “A little green chemicalfactory”.Sebagian besar dari alkaloid tanaman kaktus/buah naga adalah ßphenylethylamine dan Simple tetraisoquimoline. Alkaloid yang telah diisolasi diantaranya adalah anhalonine, hordenine,mescalinem Nacetyl mescaline, Nmethylmescaline, pellotine,salsolinedantyramine.Spesies L. williamsii adalah spesies kaktus/buah naga yang sangat dikenal karena mengandung mescaline yaitual kaloidmbersifatmnarkotikmyangdapat memberikan efek halusinasi. Kaktus/buah naga jenis initelah digunakan secara tradisional ribuan tahun lamanya oleh suku Indian di Amerika Utara dan Amerika Selatan untuk acara keagamaan.Biosintesis alkaloid tanaman kaktus/aga telah dipelajari pada spesies L.williams. Biosintesis mescaline di mulaidari hidroksilasityrosine,lalu mengalami dekarboksilasi,danhasil akhir beberapa kali metilasi menghasilkan mescaline.

Meskipun tanaman kaktus/buah naga selama ini banyak dikenal sebagai tanaman hias, kaktus/buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan industri pewarna, pakan ternak dan

bahan obat obatan.Alkaloidtanaman kaktus/buah naga banyak mengandung ßphenylethylamine dan tetraisoquinoline.Sampaisaatini,banyak penelitian yang dilakukan terhadap tanaman kaktus/buah naga ditekankan pada mengetahui kandungan metabolit sekundernya yang berfungsi sebagai biofarmaka. Di Indonesia, budidaya kaktus/buah naga masih terfokus untuk tanaman hias, belum dikembangkan menjadi suatu industriyang menguntungkan, seperti industri pewarna danobat obatan. Dalam tulisan ini akan diuraikan kandungan kimia dan potensikaktus/buah naga sebagai tanaman obat.

Kandungan kimia

Tanaman memproduksi berbagai macam bahan kimia untuk tujuan tertentu, yang disebut dengan metabolit sekunder. Metabolit sekunder tanaman merupakan bahan yang tidak esensial untuk kepentingan hidup tanaman tersebut,tetapi biasanya mempunyai fungsi yang unik misalnya untuk berkompetisi dengan makhluk hidup lainnya, atau untuk memikat serangga dalam menyebarkan benih. Metabolit sekunder yang diproduksi tanaman adalah alkaloid,terpenoid, isoprenoid, flavonoid.cyanogenic glucoside,glucosinolate dan nonprotein aminoacid.Alka loidmerupakanmetabolit sekunder yang paling banyak diproduksi tanaman.Alkaloid adalah bahan organik yang mengandung nitrogen sebagai bagian dari sistim heterosiklik.Umumnya alkaloid diproduksi oleh tanaman,walaupun dapat ditemukan pada jamur. Nenek moyang kitatelah lama memanfaatkan alkaloid dari tanaman sebagai obat.

Pada postingan selanjutnya anda akan mengetahui lebih banyak mengenai khasiat/manfaat/kegunaan buah naga.Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar