Senin, 18 Januari 2010

Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga.

Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga.

Jika telah membaca secara detail mengenai budidaya buah naga,ada hal lain yang juga sangat penting sekali dalam upaya pembudidayaan buah naga,yaitu mengenai Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga.
Hama tanaman buah naga terdiri atas beragam jenis. Walaupun demikian, tanaman buah naga sebenarnya termasuk tanaman yang tahan banting dan relatif mudah perawatannya. Namun tentunya dalam budidaya selalu ada gangguan hama yang menyerang yang bisa mengakibatkan hasil produksi yang tidak maksimal dan bisa mengalami kerugian. Oleh karena itu harus diperhatikan apabila anda menjumpai gangguan hama dan penyakit yang menyerang tanaman buah naga.

Adapun penyebab dan Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga adalah seperti ini:

Tungau
Hama Tungau (Tetranychus sp.) akan menyerang kulit batang buah naga atau cabang yang merusak jaringan klorofil yang berfungsi untuk asimilasi dari hijau menjadi cokelat. Penanggulangannya dengan menyemprotkan Omite dengan dosis 1-2 gr/ltr air yang dilakukan 2-3 kali seminggu.

Kutu Putih
Tanaman buah naga yang diserang hama kutu putih (mealybug) pada permukaan batang atau cabang akan berselaput kehitaman dan terlihat kotor. Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga ini bisa dikendalikan dengan menyemprotkan Kanon dengan dosis 1-2 cc/ltr air seminggu sekali pada cabang yang diserang. Biasanya dua kali penyemprotan hama kutu putih sudah hilang.

Kutu Sisik
Hama kutu sisik (Pseudococus sp.) umumnya berada pada bagian cabang buah naga yang tidak terkena matahari langsung dan cabang yang diserang hama ini akan terlihat kusam. Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga ini juga bisa diatasi dengan penyemprotan Kanon dengan dosis sama dengan pengendalian hama kutu putih pada sela-sela tanaman yang ternaungi atau tidak terkena sinar matahari.Dan juga memberishkan lokasi buah naga yang ternaungi tadi.

Kutu Batok
Hama kutu batok (Aspidiotus sp.) menyerang tanaman buah naga dengan mengisap cairan pada batang buah naga atau cabang buah naga yang menyebabkan cabang berubah menjadi berwarna kuning. Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga ini juga bisa menggunakan cara yang sama dengan pengendalian hama kutu putih dan kutu sisik.

Bekicot
Hama bekicot sangat merugikan tanaman buah naga karena merusak batang atau cabang dengan menggerogotinya dan dapat mengakibatkan cabang busuk. Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga ini disebabkan karena kebersihan kebun yang kurang terjaga.Selalu jaga kebersihan kebun buah naga anda,misalnya menyiangi rumput yang ada di lahan buah naga.

Semut
Pada umumnya semut akan muncul pada saat tanaman buah naga mulai berbunga. Semut mulai mengerubungi bunga buah naga yang baru kuncup dan akan mengakibatkan kulit buah pada buah naga nantinya akan berbintik-bintik berwarna coklat yang tentunya harga buah naga akan menurun dengan kualitas seperti itu.Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga ini dengan menyemprotkan Gusadrin dengan dosis 2 cc/ltr air.

Burung dan kelelawar
Gangguan burung dan kelelawar pada buah naga . Biasanya menyerang buah yang telah masak pada bagian atas.Cara mengatasi/menanggulangi/menghilangkan/mengobati Hama pada tanaman buah naga.,sebaiknya bungkus buah naga yang telah siap panen dengan plastik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar